Fakta Menggemparkan Pilot Pesawat Terbang

0
34
Fakta Menggemparkan Pilot Pesawat Terbang

Bahkan Kopilotnya Ikutin Tidur! Inilah Fakta Menggemparkan Pilot Pesawat Terbang

Saat ini pesawat menjadi salah satu transportasi yang paling diminati yah. Selain lebih cepat, naik pesawat juga menjadi hal yang menyenangkan karena akan disuguhkan pemandangan di atas langit.

Meski begitu, ternyata ada juga loh hal-hal tentang penerbangan yang sebagian orang belum tahu.

Makanya kali ini Nambah Ilmu mau bahas tentang Fakta Penerbangan Yang Jarang Diketahui Orang :

1. Pilot Tidur Saat Penerbangan

Pilot Tidur Saat Penerbangan

Guys menurut kamu gimana kalau pilot yang sedang menerbangkan pesawat justru tidur? Haduhh pasti ngeri banget yah.

Dilansir dari Kompas.com, survey dari European Cockpit Association menyatakan bahwa 4 dari 10 pilot di Inggris mengakui mereka sempat tertidur saat di Cockpit.

Penelitian ini bahkan menyebut bahwa sepertiga pilot-pilot ini melihat Co-Pilotnya juga sedang tidur saat ia bangun.

Jadi guys dalam survey tersebut, banyak pilot mengaku kalau penyebabnya ialah kelelahan dan ngantuk. Tapi 70-80% para pilot mengantuk ini tidak akan melaporkan keadaanya dan menyatakan diri sehat untuk terbang.

2. Pintu Anti Peluru

Pintu Anti Peluru

Kamu tahu kalau ruang Cockpit adalah zona terbatas didalam pesawat lho. Untuk masuk ke ruangan pilot tersebut, tidak bisa sembarangan.

Juga pintu yang memisahkannya pun dirancang khusus, dilansir dari Detik.com, “Tahun 2002, Departemen Penerbangan Sipil Malaysia sudah mengeluarkan aturan yang mewajibkan pintu kokpit selalu dikunci. Dalam aturan tersebut ditulis: Pintu selalu ditutup dan dikunci sepanjang waktu sejak proses keberangkatan hingga pendaratan, kecuali ada kebutuhan untuk memberi akses pada orang tertentu.”

3. Terbang Tidak Lurus

Terbang Tidak Lurus

Menurut kamu apa pesawat terbang lurus? tentunya enggak dong. Nah dilansir dari kumparan.com, alasan pertama tentunya karena bumi tidak datar seperti apa yang kita lihat.

Jadi rute terdekat bukanlah garis lurus, tapi mengikuti lekuk bumi. Alasan kedua adalah cuaca, jarak terdekat bukan berarti selalu merupakan yang tercepat.

Angin yang berhembus terlalu kencang juga dapat memperpanjang waktu tempuh. Selain angin awan cumulonimbus yang biasanya memicu badai juga harus dihindari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here