FTP Server (Linux) Pertemuan 14

Published by ikhwanjlnsyh on

Tugas Pendahuluan Pertemuan 14 FTP Server (Linux)

1. Jelaskan Sejarah Tentang FTP !

Jawab :

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Protokol FTP dikembangkan oleh Abhay Bhushan (alumni IIT dan MIT) pada tahun 1970-an, ketika bekerja pada proyek ARPAnet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang kerap kali dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain.

2. Jelaskan Perbedaan Port 21 dan Port 22 !

Jawab :

Port 21 – Port ini digunkan sebagai server FTP yang digunakan oleh File Transfer Protocol. Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21

Port 22 – Port ini ini adalah port standar untuk SSH, biasanya diubah oleh pengelola server untuk alasan keamanan.

3. Jelaskan Minimal 3 Software Untuk Membuat Server FTP Beserta Kelebihannya !

Jawab :

– FileZila kelebihannya melanjutkan pencarian file jarak jauh

– Free FTP kelebihannya sangat user friendly

– FireFTP kelebihannya mempunyai dukungan fitur SSL/TLS/SFTP

4. Jelaskan Cara Kerja FTP !

Jawab :

Prinsip kerja dari FTP adan menggunakan autentikasi standart yang mana untuk mengakses data-data yang ada pada FTP server diperlukan username dan password, sehingga user yang terdaftar pada sistem memiliki hak akses untuk membuka direktori dan file yang ada didalamnya.

FTP client akan mengirimkan pesan untuk meminta layanan tukar menukar data pada FTP server. Setelah FTP client terkoneksi dengan FTP Server maka FTP Client dapat melakukan proses download, upload dan proses lain sesuai dengan izin dan hak akses yang diberikan oleh FTP server.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *