HTTP Server (Linux) Pertemuan 13

Published by ikhwanjlnsyh on

Tugas Pendahuluan Pertemuan 13 HTTP Server (Linux)

1. Jelaskan Sejarah Tentang HTTP !

Jawab :

HTTP adalah singkatan dari Hypertext Transfer Protocol merupakan sebuah protokol yang dipergunakan untuk mengirimkan dokumen dari WWW (World Wide Web).

Pertama kali penggunaan HTTP sekitaran tahun 1990. Pada protokol HTTP yang berkembang yaitu versi 0.9 saat  itu HTTP hanya bisa protokol transfer data dengan data mentah yang dikirimkan dan tidak bisa melihat tipe dari dokumen itu sendiri. Selanjutnya, tahun 1996, protokol HTTP mengalami beberapa kali perubahan sehingga menjadil HTTP versi 1.0.

Kemudian, ditahun 1999 dikembangkan HTTP versi selanjutnya yaitu 1.1 untuk menjembatani proxy, cache dan koneksi yang persisten. Setelah itu, HTTP dalam pengembangannya protokol aplikasi berbasis client server sederhana yang dibangun atas dasar TCP (Transmission Control Protocol). Ketika HTTP  memulai permintaan dengan menciptakan sebuah hubungan ke port tertentu di sebuah server web hosting tertentu dan port yang digunakan adalah port 80.

2. Jelaskan Perbedaan HTTP dan HTTPS !

Jawab :

Pada dasarnya fungsi HTTP dan HTTPS ini sama saja. Namun ada perbedaan diantara keduanya. Perbedaan http dan https secara singkat adalah dari sisi keamanan, port yang digunakan, dan pemakaian SSL. Berikut penjelasan singkatnya:

– Keamanan Transmisi Data

Perbedaan yang paling utama antara HTTP dan HTTPS adalah pada keamanan data yang ditransimisikan. Pada HTTP, data yang ditransimisikan tidak terjamin aman. Sedangkan HTTPS memberikan jaminan akan keamanan transmisi data tersebut.

Tiga aspek yang menjadi pertimbangan dalam HTTPS adalah autentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data.

–¬†Port yang Digunakan

Perbedaan berikutnya antara HTTP dan HTTPS adalah port yang digunakan. Pada HTTP mengugnakan port 80 secara default, sedangkan HTTPS menggunakan port 443.

– Pemakaian Secure Socker Layers (SSL)

HTTPS menggunakan SSL, yaitu teknologi yang memungkinkan dilakukannya enkripsi data yang ditransmisikan dari server ke klien. Penggunaan SSL ini sangat bermanfaat bagi situs-situs yang ingin menjaga kerahasiaan data penggunanya.

HTTPS banyak digunakan pada situs-situs e-commerce, perbankan, form registrasi, dan situs lainnya yang membutuhkan jaminan keamanan bagi para penggunanya.

3. Jelaskan Minimal 3 Jenis Software Untuk Membuat Server HTTP Beserta Kelebihannya !

Jawab :

– Apache kelebihannya mampu beroperasi pada berbagai platfrom sistem operasi

– Web server litespeed kelebihannya pencegahan system overloading

– Web server IIS kelebihannya unjuk kerja PHP lebih stabil, handal dan cepat

4. Jelaskan Cara Kerja HTTP !

Jawab :

Pada dasarnya cara kerja HTTP ini cukup sederhana. Saat pengguna membuka sebuah website melalui browser, HTTP akan menghubungkan pengguna dengan WWW dan juga sumber daya yang dikenal dengan URL.

– Komputer klien atau HTTP klien akan membuat sambungan dan mengirimkan permintaan dokumen kepada web server.

– Selanjutnya HTTP server akan memproses permintaan tersebut dan HTTP klien menunggu respon.

– Terakhir, web server akan merespon permintaan melalui kode status data dan menutup sambungan saat proses permintaan selesai.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *